Saving For Our Customer (S4OC) merupakan program yang terus dilakukan Distribution Center (DC) dalam upaya menghasilkan inisiatif-inisiatif yang produktif, salah satu yang baru saja dilakukan adalah re-layout report surat jalan pengiriman (load manifest). Report ini merupakan dokumen yang dikirimkan dari DC kepada gerai yang berisikan nomor-nomor dokumen yang nantinya akan digunakan untuk proses penerimaan barang di gerai.
Tujuan dari diterapkan re-layout ini adalah untuk mengurangi penggunaan kertas dan menurunkan cost untuk pembelian kertas 2 ply. Selama ini, kebutukan pencetakan Load Manifest Report mencapai angka ratusan juta rupiah per tahunnya, di mana penggunaan kertas yang dibutuhkan untuk satu kali pengiriman ke satu gerai bisa membutuhkan hingga 3 lembar kertas.
Dengan re-layout ini, kebutuhan untuk satu kali pengiriman ke satu toko hanya membutuhkan 1 lembar kertas saja sehingga penggunaan kertas bisa jauh lebih hemat hingga 66%.
"Proses re-layout dokumen pengiriman DC ke toko ini diharapkan dapat menghemat biaya operasional juga pengurangan penggunaan kertas yang dapat berdampak positif bagi lingkungan. Hal ini bisa menjadi gambaran bahwa improvement dapat dilakukan dari hal sederhana yang ada di sekitar kita. Terima kasih untuk support yang diberikan pihak-pihak yang terlibat mulai dari rekan-rekan di divisi IT, Toko dan DC," ujar Novi Wijayanto, General Manager Logistic.
Grafik Biaya Penggunaan Kertas 2 ply/tahun di DCA, DCAS, dan DCB
Contoh Load Manifest Lama (Dua Gerai)
Contoh Load Manifest Baru (Dua Gerai)
Go Live Project Re-layout Load Manifest
Report dimulai pada tanggal 03 Juni
2024 di DCA, DCAS, dan DCB. Beberapa
impact yang dirasakan diantaranya
adalah penggunaan kertas dan tinta
yang lebih sedikit. Selain itu, durasi proses
pencetakan juga menjadi lebih cepat.