Ethics Week Day 2 – Kita Mematuhi Hukum

9 - 13 September 2024
September 10, 2024 by
VICKY PAHLEVIE TRI FITRIAWAN

Berikut ini pesan dari Linn Evans, Chief Legal Officer (CLO) Ahold Delhaize, tentang Ethics Week kali ini:

"Sebagai seorang lawyer, mungkin tidak mengherankan bahwa seluruh karir saya berfokus di bidang hukum. Dalam pekerjaan saya bagi perusahaan ini, sekarang sebagai CLO Ahold Delhaize, saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan bagaimana bisnis kita dapat berjalan sesuai "hukum". Kita adalah perusahaan besar yang beroperasi di seluruh dunia. Oleh karenanya, kita sering menemukan pertanyaan penting tentang kepatuhan terhadap hukum. Saya merasa bangga dengan Tim Legal yang kita miliki di negara tempat kita berbisnis yang dapat memberikan wawasan dan panduan tentang bagaimana kita dapat mematuhi kewajiban hukum dalam mencapai tujuan bisnis kita."

"Komitmen kita untuk mematuhi hukum merupakan jati diri kita sebagai sebuah perusahaan.  Nilai Integritas dan komitmen kita untuk berbisnis dengan cara yang benar menciptakan semangat bagi kita semua untuk melakukan hal yang benar, setiap hari dan di mana pun kita berbisnis."

"Saya teringat masa lalu ketika saya dihadapkan pada tantangan atas suatu nasihat hukum tertentu, dimana secara finansial biaya kepatuhan atas hukum memerlukan biaya yang tinggi sehingga hal tersebut dapat menjadi pembenaran bagi kita untuk mengabaikannya. Saya dapat memberikan gambaran atas risiko ketidakpatuhan terhadap hukum: kemungkinan denda atau hukuman, rusaknya reputasi yang mungkin kita alami, gangguan operasional bisnis, atau bahkan kemungkinan investigasi yang mengarah pada sanksi pidana. Meskipun hal tersebut layak untuk dipertimbangkan, namun sebenarnya sesederhana: kita mematuhi hukum karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Dan bahkan ketika ketentuan undang-undang tidak memberikan pengaturan yang jelas, nilai-nilai dan prinsip etika kita memberikan panduan tentang bagaimana kita berbisnis. Mematuhi hukum adalah dasar dari budaya etis yang kita pegang dan jalani dengan sungguh-sungguh."

"Dalam Ethics Week ini, saya diingatkan bahwa mematuhi hukum bukan hanya tentang menaati aturan. Ini membutuhkan pola pikir dan komitmen kita untuk melakukan apa yang benar, meskipun diperlukan pengorbanan. Baik itu berkaitan dengan kewajiban hukum kita, memperlakukan satu sama lain dengan hormat, menjaga hubungan bisnis yang etis, atau berbicara ketika kita membutuhkannya, komitmen kita untuk berbisnis dengan cara yang benar harus menjadi panduan kita."

"Sebagai seorang lawyer, bekerja bagi perusahaan yang mengutamakan etika dan kepatuhan sangat berarti.  Dan sejujurnya, itu membuat pekerjaan saya lebih mudah. Dewasa ini, kepatuhan bukan hanya tanggung jawab Tim Compliance dan Legal saja sebagaimana perilaku online merupakan tanggung jawab Tim Information Security atau lingkungan kerja yang aman bagian dari tanggung jawab Tim Safety. Kesemuanya itu tergantung masing-masing dari kita. Kita semua bertanggung jawab atas kepatuhan dan kita memiliki tanggung jawab bersama untuk melakukan apa yang benar, bahkan ketika hal itu sulit dilakukan."

"Saya mengajak anda untuk mengambil bagian atas budaya etis kita dan berkomitmen untuk melakukan apa yang benar. Jadikan itu bagian dari diri anda dan jati diri kita sebagai sebuah perusahaan. Mari kita lakukan apa yang benar bersama-sama."

Untuk mendukung komitmen kita bersama dalam mematuhi hukum dalam kita berbisnis, kami telah menyediakan video singkat mengenai “fraud” yang dapat memberikan gambaran umum mengenai pelanggaran yang mungkin dapat anda jumpai di tempat kerja.

 
 

Atau anda dapat menyaksikannya disini

Terima kasih telah melakukan apa yang benar setiap hari!