POTENSI ENERGI MATAHARI, PROYEK PANEL SURYA MULAI DIOPTIMALKAN DC CIKARANG DAN GERAI SUPER INDO

Supermarket selain berfungsi sebagai tempat belanja kebutuhan sehari-hari, bisa juga menjadi area inovasi untuk menerapkan solusi ramah lingkungan. Hal ini direalisasi dengan kolaborasi Super Indo bersama PT Aruna Cahaya Pratama untuk pembangunan infrastruktur berupa panel surya di DC Super Indo Cikarang.

Tono Prajatowo, Spv Maintenance Super Indo mengatakan, ada 2 (dua) tahap untuk inisiasi proyek panel surya ini dan ide tersebut muncul pada 2018 silam yang setelah itu memberikan manfaat bagi operasional gerai hingga saat ini.

"Inisiasi proyek berawal dari salah satu ide kreatif Associate DC Cikarang tahun 2018 pada ajang Sustainable Idea “Fresh Ideas” yang diadakan untuk seluruh Associates Super Indo. Manfaat proyek ini tidak hanya dirasakan oleh Super Indo sebagai pemilik fasilitas, tetapi juga oleh vendor yang terlibat. Super Indo mendapatkan manfaat berupa penghematan biaya operasional dan insentif, sementara vendor memperoleh pendapatan dari pemeliharaan dan insentif listrik yang dihasilkan oleh panel surya yang mereka pasang. Selain manfaat ekonomi, proyek ini juga berkontribusi pada pengurangan emisi karbon, dengan target pengurangan yang signifikan setiap periode tertentu. Hal ini sejalan dengan komitmen Super Indo untuk berpartisipasi dalam upaya mitigasi perubahan iklim," kata Tono Prajatowo, Spv Maintenance.


Adapun untuk PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) ini sudah masuk ke Tahap 2, yang dimana pada Tahap 1 menjangkau Super Indo Fortune Graha Raya, Super Indo Prima Harapan Regency, dan DC Cikarang. Sedangkan untuk Tahap 2 akan menjangkau 20 gerai dan 1 DCB. 

Proyek panel surya yang diaplikasi di DC Cikarang dan 2 gerai pada tahap 1 ini tidak hanya menjadi contoh bagaimana perusahaan mengintegrasikan solusi energi terbarukan melainkan juga langkah tepat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

INTERNAL COMMUNICATION
26 April, 2024
Share this post
Archive
Sign in to leave a comment
SUPER INDO SUKSES MENGGELAR BUSINESS PARTNERSHIP FORUM 2024