MOMEN LEBARAN WAKTUNYA PULANG KE KAMPUNG HALAMAN DAN PERBANTUAN DI GERAI SUPER INDO

Lebaran menjadi momen spesial bagi banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Tak terkecuali bagi Muhammad Hadi, Associate CSO di Direktorat HRGS, yang selalu memanfaatkan momen ini untuk pulang ke Tegal, Jawa Tengah.

Lebih dari sekadar berkumpul, Hadi juga memiliki tradisi unik untuk membantu di Super Indo Dunia Bahari (DBI) selama periode Lebaran. Tradisi ini sudah ia lakukan sejak tahun 2017, dengan pengecualian pada tahun 2020-2021 karena pandemi Covid-19 yang membatasi mobilitas. Tahun ini, Hadi kembali membantu di DBI untuk kali kelima. Ia menjadi saksi perkembangan pesat yang dialami toko tersebut.

“Dulu saya ingat supplier masih pakai becak untuk mengantar produk ke DBI. Sekarang sudah jauh berbeda, produknya lebih banyak dan beragam, dari buah dan sayur hingga daging dan ikan dari berbagai daerah,” kenang Hadi. 

Selain bernostalgia di kampung halaman, momen Lebaran ini juga menjadi kesempatan bagi Hadi untuk bersilaturahmi dengan rekan-rekan di DBI.

“Kemarin saya bantu di bagian produce dan grocery, tapi karena permintaan daging sedang ramai, saya pindah ke bagian butchery. Umumnya, orang awam seperti saya membantu menimbang daging, sedangkan yang sudah mahir bisa membantu memotong ayam, ikan, dan daging sesuai kebutuhan customer.” ungkap Hadi.

Salah satu hal unik yang ia temui saat membantu di DBI adalah penggunaan bahasa. Meskipun para staff diharuskan untuk berbahasa Indonesia saat melayani pelanggan, tak jarang para pelanggan menggunakan bahasa Tegal saat berkomunikasi dengan mereka. Hal ini dilakukan untuk menambah keakraban dan menunjukkan kearifan lokal di DBI.

Tradisi membantu di DBI ini tak hanya memberikan pengalaman berharga bagi Hadi, tetapi juga membantu meringankan beban kerja associate selama lonjakan permintaan di momen Lebaran.

Mau tau keseruan apalagi yang terjadi dari Associate lain yang perbantuan di gerai? Simak keseruan mereka di bawah ini!

Saya ikut bantu-bantu di Super Indo Cerewed, Bekasi, dan ini merupakan pengalaman yang kedua saya dalam perbantuan ke gerai Super Indo. Saya mengikuti kegiatan ini karena ingin tahu seperti apa aktivitas tim toko terutama pada saat momen lebaran yang melayani dari pagi hingga sore. Kemarin saya ikut bantu di area Penimbangan di area Produce, ini seru banget karena saya jadi tahu seperti apa kebutuhan pelanggan saat membeli produk-produk yang dibutuhkan. Bukan itu saja, saya jadi tahu aktivitas pelanggan terutama pada dua hari sebelum lebaran. Saya juga merasakan pengalaman langsung melayani pelanggan, apalagi kalau yang dibeli adalah produk dari Private Brand, seneng banget karena produk yang kami ciptakan jadi pilihan masyarakat. Teman-teman toko, kalian super keren! Semangat!” - Anastasia; Food & Perishable Product Development Supervisor.

Saya selalu mengikuti kegiatan perbantuan di Super Indo Parangtritis tiap tahun kecuali pada saat pandemi COVID-19. Saya ikut perbantuan karena sekalian mudik, belanja, dan tentu ikut merasakan animo Ramadan dan lebaran di kampung halaman. Dengan membantu toko, saya bisa reuni dengan tim divisi BOY pada jam istirahat. Saya juga mendapat pengalaman yang menyenangkan karena pada saat perbantuan, saya bertemu dengan mantan guru, temanteman masa kecil, teman sekolah, dan kepala desa sebagai customer. Teman-teman yang belum pernah ikut perbantuan di toko, yuk segera ikut dan agendakan tiap mudik lebaran ya!” - Robani Marwoko; Technical Support.

Saya ikut perbantuan di Super Indo Pagar Alam Lampung (PAM) dan rutin di tiap tahunnya karena memang se-seru itu! Dengan ikut perbantuan ini, kita bisa lebih tahu produk-produk apa yang dijual dan bagaimana kondisi lapangan terutama pada masa seasonal seperti saat ini. Selain itu, Associates di PAM itu seru semuanya dan ramah juga. Saya dapat pengalaman asyik saat membuat parcel buah! Tapi sayangnya karena kondisi yang sangat sibuk di toko, saya tidak bisa ambil foto. Tapi ada satu momen yang dimana saya baru tahu kalau  dispenser isolasi kecil yang ada di produce bisa untuk potong plastiknya juga. Senang sekali bisa bertemu dengan seluruh Associates di Bandar Lampung, sehat selalu dan tetap semangat ya!” - Anisa Raden - IT Application Support.



INTERNAL COMMUNICATION
22 May, 2024
Share this post
Archive
Sign in to leave a comment
KUMPULKAN SAMPAH, DAPATKAN HADIAH BERLIMPAH