DC IDEA & INNOVATION COMPETITION 2024: WADAH KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DI DISTRIBUTION CENTER

Distribution Center (DC) baru-baru ini menyelenggarakan DC Idea & Innovation Competition, sebuah program kompetisi yang dirancang untuk mewadahi ide dan inovasi dari para associate DC Super Indo.

Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong budaya perbaikan dan peningkatan berkelanjutan (Continuous Improvement) di seluruh site DC, serta menghadirkan pemikiran baru dan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi operasional.

Tahun ini, DC Idea & Innovation Competition memasuki tahun kedua penyelenggaraannya sejak penyelenggaraan perdananya di tahun 2023. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh associate DC Super Indo, tanpa batasan tema, untuk menuangkan ide kreatif mereka dalam rangka meningkatkan kinerja dan hasil kerja di area masing-masing. Salah satu contoh ide pemenang dari tahun lalu adalah Weekly General Cleaning yang telah diimplementasikan di DCB.

Kompetisi ide di DC merupakan upaya dalam memberikan kesempatan kepada karyawan DC untuk terlibat pada Perbaikan Berkesinambungan atau Continuous Improvement. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Linus Pauling, "The best way to have a good idea is to have a lot of ideas," ujar Novi Wijayanto, General Manager Logistic.

Kompetisi ini memiliki dua kategori, yaitu kategori perorangan atau Suggestion System (SS) dan kategori kelompok atau Quality Control Circle (QCC). Saat ini, para peserta telah melalui tahapan Assessment di mana mereka telah menyampaikan rancangan ide dan inovasinya kepada leader dan dewan juri.

Selanjutnya, ide dan inovasi yang lolos seleksi akan memasuki tahapan Implementation, di mana para peserta akan melakukan uji coba ataupun membuat prototype dari rancangan mereka.

Pada tahap akhir, para peserta akan mempresentasikan hasil uji coba ide dan inovasinya di hadapan dewan juri dalam tahapan Evaluation. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada bulan November.

DC Idea & Innovation Competition ini bisa menjadi wadah untuk karyawan menyampaikan masukan dan ide terkait dengan pekerjaan sehari - hari. Selain hadiah memang ada sesuatu pemikiran untuk perbaikan sistem kerja atau sarana pendukung kerja mereka. Semoga DC idea ini bisa terus berjalan, sebagai sarana pelatihan mengenai project lead, presentasi Dan menambah kreativitas semua associate DC,” Muhammad Ainul Yaqin DCB Fresh Spv - Pemenang DC Idea & Innovation 2023.

DC Idea & Innovation Competition merupakan bukti komitmen Super Indo dalam mendorong budaya inovasi dan perbaikan berkelanjutan di seluruh jajaran karyawannya. Dengan semangat “Spirit of Quality”, Super Indo terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan operasionalnya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan.

INTERNAL COMMUNICATION
24 June, 2024
Share this post
Archive
Sign in to leave a comment
SEMARAK IDUL ADHA DI SUPER INDO